Empat Ide Menciptakan Ruang Mezanin

Dec 05 2011

KOMPAS.com – Mezanin pada dasarnya merupakan ruang yang diciptakan di antara dua lantai dalam sebuah bangunan. Dalam teori arsitektur maupun interior, mezanin biasanya tidak dihitung sebagai sebuah lantai tersendiri.

Keberadaan mezanin umumnya untuk memanfaatkan ketinggian ruang tertentu, serta untuk berbagai aktivitas tambahan yang tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon. Berikut empat ide menciptakan ruang mezanin menurut arsitek Prima Haris Nuryawan:

1. Mezanin pada Bordes

Gagasan pertama, Anda bisa memanfaatkan bordes yang ada di rumah. Bordes atau area di tengah ketinggian tangga di antara dua lantai biasanya didesain hanya cukup untuk beristirahat saat menaiki tangga atau saat berada pada perputaran arah tangga. Tambahkan luas bordes sehingga dapat digunakan berbagai fungsi seperti ruang lesehan santai dan lainnya.

Perhatikan dulu ketinggian ruang di bawah mezanin, sebelum membuat bordes. Ini agar aktivitas dan gerak di bawah bordes tetap dapat dilakukan dengan baik.

2. Mezanin pada ruang keluarga

Ruang keluarga atau ruang duduk memiliki aktivitas utama dalam posisi duduk. Karena itu pada dasarnya ruang keluarga tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon yang umumnya berkisar 3,0 – 3,2 meter. Bahkan pada beberapa desain, dengan menurunkan ketinggian ruang keluarga, kita justru akan mendapatkan nuansa yang lebih dekat dan akrab.

Untuk ruang keluarga, ketinggian 1,8 – 2 meter sudah cukup sehingga kita bisa memanfaatkan area setinggi 1 – 1,2 meter di atasnya sebagai ruang bermain atau ruang belajar anak. Dengan ini, kita akan mendapatkan dua fungsi secara “bertumpuk” dan menghemat tempat.

3. Mezanin pada dapur

Pada gagasan berikut, yang dapat dilakukan ialah memanfaatkan ruangan di atas dapur. Dapur pada umumnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon, sehingga kita bisa memanfaatkan ruang tersisa di atas dapur untuk aktivitas tertentu.

Dalam gagasan ini, kita bisa menumpukkan ruang tambahan di atas dapur berupa kamar tidur sederhana di atasnya. Kamar tidur juga pada dasarnya tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai ke langit-langit sehingga dapat digabungkan secara vertikal dengan fungsi lain di bawah atau di atasnya.

4. Mezanin pada garasi

Ruang garasi bisa menjadi pilihan berikutnya, dengan ketinggian ruang tidak penuh sampai plafon. Ketinggian mobil mungil dan sedang pada umumnya tidak lebih dari 2 meter. Sehingga bisa cukup ruang di atasnya yang dapat dimanfaatkan. Dalam gagasan ini, bisa dibuat ruangan untuk anak indekos yang “bertumpuk” vertikal dengan fungsi garasi kendaraan di bawahnya.

(Sumber: Tabloid Rumah)

 

Link : http://properti.kompas.com/read/xml/2011/11/18/11042857/Empat.Ide.Menciptakan.Ruang.Mezanin

Leave a Reply

Name

Mail (will not be published)

Website