Membeli Apartemen Lebih Untung Ketimbang Menyewa?

Jun 08 2013

 

KOMPAS.com - Ternyata, mencicil unit apartemen akan lebih murah dan menguntungkan daripada hanya menyewanya. Apalagi, jika Anda pintar memilih apartemen murah di Jakarta, seperti di bawah harga Rp 500 juta.

Apartemen merupakan salah satu tempat tinggal pilihan yang saat ini paling pas dan banyak digemari oleh masyarakat, khususnya bagi orang-orang produktif dan bekerja di Jakarta. Tinggal di apartemen pun dianggap lebih praktis karena terhindar dari kemacetan lalu lintas yang semakin hari kian akut. Namun, karena harganya yang terus melambung, banyak orang memutuskan untuk menyewa saja.

Seperti, Rizki Nurdiansyah Saputra (26), salah satu penyewa unit apartemen di bilangan Jakarta Barat ini. Ia mengaku, tinggal di apartemen dekat dengan tempat kerja memang menguntungkan.

“Saya hanya tinggal berjalan kaki menuju kantor. Tidak sampai 20 menit malahan,” ungkap dokter muda yang bekerja di klinik kampus Trisakti ini.

Tak perlu khawatir soal fasilitas, Rizki menambahkan, semua kebutuhan sehari-hari sudah ada dan komplit, mulai dari makan, pakaian, temat nongkrong, bioskop, sampai perpustakaan.

“Ini enaknya tinggal di apartemen,” katanya.

Mahalnya harga sewa

Tinggal di apartemen memang menyenangkan dengan segala fasilitas, ditambah dekat dengan tempat bekerja. Namun, menurut Rizki, harga sewa yang ditawarkan terlalu mahal, ditambah biaya-biaya lain, seperti listrik dan service charge.

“Perbulannya Rp1,8 juta, biaya listrik bisa Rp 300 ribu,” ungkapnya yang menempati unit tipe 2bedroom ini.

Belum lagi biaya service charge per bulannya yang ditanggung oleh penyewa, kurang lebih berkisar Rp 500 ribu. Jika dihitung-hitung, total pengeluaran Rizki saat menyewa sebesar Rp 2,6 juta per bulan. Berbeda jika biaya perbulan tersebut digunakan untuk mencicil apartemen murah.

Memang, pengeluaran agak lebih besar sedikit. Namun, unit apartemen itu akan menjadi hak milik Anda dan juga bisa menjadi investasi jangka panjang. Padahal, jika harga per unit apartemen Rp 300 juta dan membeli dengan cara mencicil, biaya per bulannya dikenakan sebesar Rp 2.710.000. Tidak jauh berbeda dengan harga sewa perbulan, kan?

 

 

Link: http://properti.kompas.com/index.php/read/2013/05/27/11090961/Membeli.Apartemen.Lebih.Untung.Ketimbang.Menyewa

 

Tambahan:

Penjelasan dari media kompas diatas apabila saya tinjau dari perspektif yang sama maka akan mendapat kesimpulan yang sama apabila pilihan investasi anda pun tertuju pada kawasan kota Bandung yang kini pun mengalami pertumbuhan yang cukup significant. Terlihat dari padatnya kota apabila dikunjungi khususnya pada hari libur. Bahkan pada hari kerja normal, kini kota Bandung tak lepas dari kemacetan. Hal ini karena kurang lebih penduduk kota Bandung kini kian didominasi oleh pendatang dari luar kota yang bahkan betah tinggal di kota ini. Pilihan hunian pun dilayangkan bagi mereka yang hendak menetap. Salah satunya yang paling tepat ialah dengan memilih properti hunian dalam bentuk Apartemen. Terakhir, selamat menentukan pilihan investasi anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Name

Mail (will not be published)

Website