Sepanjang 2013, Pasar Properti Naik 35%

Dec 27 2013

JAKARTA - Dengan ditetapkannya Jakarta sebagai perkantoran dengan sewa termahal di dunia, tak menurunkan semangat para pengembang untuk membangun perkantoran di Jakarta.

Sebagai Ibu Kota, Jakarta memang memiliki potensi yang menggiurkan, di mana semua kegiatan dan perkantoran berpusat di sini, tentunya ini merupakan sebuah peluang yang menguntungkan.

Berdasarkan data dari Colliers International, sepanjang 2013 ada sekitar dua perkantoran yang baru selesai dibangun di kawasan Mega Kuningan dan Rasuna Said. Belum lagi ditambah dengan banyaknya kehadiran perkantoran baru di kawasan ini.

Sebut saja gedung Pertamina di Kuningan, Sequis Tower dan Menara Astra di Sudirman, dan beberapa lainnya yang memulai konstruksinya di 2013 ini.

Tidak hanya itu, harga tanah yang dipatok di kawasan ini juga gila-gilaan. Di kawasan Kuningan  salah satunya, harga tanah di kawasan ini mencapai Rp40 juta per meter persegi.

“Rata-rata harga tanah untuk gedung perkantoran di pusat bisnis Jakarta sudah mencapai kepala empat alias Rp40 jutaan semua,” kata Kepala Marketing & Business Development PT Triyasa Propertindo Deden E Sudarbo.

Tingginya harga tanah tentu juga mempengaruhi harga sewa perkantoran. Pasar perkantoran di Jakarta diprediksi memiliki pertumbuhan tarif sewa tertinggi hingga 2015. Harga sewa perkantoran di Jakarta diprediksi meningkat sampai 30 persen.

Namun begitu, berdasarkan data yang dirilis oleh Colliers Internasional dan Jonas Lang La Sale, demand atau permintaan ruang kantor untuk kawasan bisnis saat ini sangat tinggi, yakni mencapai 97 persen. Bahkan, Jakarta juga dinobatkan sebagai kota dengan tingkat sewa perkantoran tertinggi nomor satu di dunia menurut Cushman & Wakefield.

Sementara itu, menurut pengamat properti dari Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, pertumbuhan properti sepanjang 2013 mengalami peningkatan. “Persentase peningkatannya mencapai 35 persen,” tutupnya. (nia)

 

 

Link: http://property.okezone.com/read/2013/12/24/471/916829/sepanjang-2013-pasar-properti-naik-35

Leave a Reply

Name

Mail (will not be published)

Website