Ternyata, Para Miliarder Dunia Bermukim di Sini!

Nov 25 2013
KOMPAS.com — Anda tentu mafhum bahwa properti sangat lekat dengan urusan lokasi, lokasi, dan lokasi. Semakin lokasi itu bergengsi dan berada di jantung kota, kian premium statusnya. Demikian pula dengan harganya. Dapat dipastikan harga lahan dan properti di lokasi premium jauh lebih mahal ketimbang di lokasi biasa saja.

Di Jakarta saja, lahan di lokasi premium macam kawasan Sudirman harga pasarannya sudah menyentuh level Rp 50 juta hingga Rp 70 juta per meter persegi. Bagaimana dengan lokasi lainnya di kota-kota utama dunia?

Billionaire Census dan Wealth X baru-baru ini melakukan sensus terbaru. Keduanya mengevaluasi harga rerata properti di lokasi-lokasi termahal dunia. Menurut hasil sensus tersebut, lokasi termahal merupakan tempat bermukimnya miliarder dengan kekayaan properti rerata senilai 78 juta dollar AS (Rp 905,9 miliar).

Berikut ini lokasi-lokasi termahal di dunia tempat bersemayamnya orang-orang kaya:

Pollocks’Path, The Peak, Hongkong

Berada di atas sebuah gunung yang secara historis menjadi surga bagi kalangan elite Hongkong. Ruas jalan ini merupakan yang paling mahal di dunia. Menawarkan pemandangan teluk dan pelabuhanyang memukau. Rekor nilai properti tertinggi dipegang Sky High yang dijual seharga 103 juta dollar AS (Rp 1,1 triliun).

Sementara harga rerata lahan adalah Rp 1,3 miliar per meter persegi. Pesohor yang tinggal di sini adalah aktor Stephen Cow dan eksekutif HSBC.

Kensington Palace Gardens, London

Meskipun penduduknya yang paling terkenal adalah Pangeran William dan Kate Middleton, tetapi ada banyak duta besar, politisi, dan kalangan elite bermukim di sini. Mereka berasal dari Perancis, Rusia, dan Jepang.

Jalan ini beken sebagai “ruas miliarder” karena alasan tertentu. Harga lahan sekitar Rp 1,2 miliar per meter persegi. Selain Will dan Kate, mereka yang tinggal di sini adalah Lakshmi Mittal, Roman Abramovich, dan Bernie Ecclestone Tamara.

Avenue Princess Grace, Monako

Setiap bulan Mei, Monako dibanjiri selebritas dan kalangan jetset internasional. Mereka menyaksikan Grand Prix Formula 1. Lokasi incaran yang paling menarik perhatian adalah Avenue Princess Grace.

Ruas jalan ini berada di sepanjang tepi pantai dengan pemandangan memukau. Harga lahan berada pada level Rp 998,8 juta per meter persegi. Mereka yang memiliki hunian di sini adalah Andrea Bocelli, Roger Moore, Lewis Hamilton, dan Helen Christensen.

Boulevard du General de Gaulle, Cap Ferrat

Terletak di sepanjang jalur Mediterania Côte d’Azur, Cap Ferrat. Ini merupakan semenanjung eksklusifdan lokasi non-perkotaan paling mahal di dunia. Jalan ini khusus berisi vila-vila pantai. Harga lahannya Rp 917,5 juta per meter persegi.

Brad Pitt, Angelina Jolie, Paul Allen, dan Charlie Chaplin (sebelum wafat pada 1977) pernah bermukim di sini.

Paterson Hill, Singapura

Paterson Hill adalah perumahan tenang kuldesak, dekat dengan sabuk belanja Orchard Road. Terdapat bangunan paling mewah dengan harga tertinggi seantero kota, yakni Marq. Interiornya dirancang sepenuhnya oleh Hermes. Harga lahan sekitar Rp 493,6 juta per meter persegi.

Pendiri Facebook, Eduardo Saverin, dan mantan Miss Singapura, Rachel Kum, setiap hari terlihat berada di sini.

Chemin de Ruth, Jenewa

Rumah-rumah yang terdapat di sini memiliki kolam renang, taman, dan pemandangan danau Jenewa serta dekat dengan kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa. Lima properti di Chemin de Ruth dijual lebih dari Rp 150,9 miliar antara 2008 dan 2010.

Harga lahan rerata mencapai Rp 429,7 juta per meter persegi. Pesohor yang diketahui tinggal di sini adalah keluarga Peugeot, petenis legendaris Perancis Henri Leconte, dan pemain ski Jean-Claude Killy.

Romazzino Hill, Sardinia

Romazzino Hill dan lingkungan sekitarnya menjadi taman bermain untuk para miliarder sejak 1960-an.Pada 2012, industrialis Italia, Carlo de Benedetti, menjual Villa Rocky Ram-nya dengan harga fantastis, Rp 1,7 triliun!

Adapun harga pasaran lahan di sini menyentuh angka Rp 382,1 juta per meter persegi. Politisi Arab Saudi, Ahmed Zaki Yamani, rezim berkuasa Rusia Alexei Mordashov, serta keluarga kerajaan Qatar mempunyai properti di sini.

Ostozhenka, Moskwa

Jalan di pusat kota Moskwa, Rusia, ini sangat bersejarah, sekaligus menjadi saksi bisu pesta, kehidupan mewah, dan makanan enak yang digelar petinggi-petinggi pemerintahan dan tsar. Sebuah apartemen lima tingkat dijual seharga Rp 557,4 miliar.

Miliarder Rusia, Alisher Usmanov, rela merogoh kocek senilai Rp 336,8 juta per meter persegi untuk membangun istananya di sini.

Fifth Avenue, New York

Siapa tak kenal ruas jalan paling populer ini? Fifth Avenue merupakan rumah bagi Central Park dan telah lama menjadi tujuan orang kaya bermukim. Di sini juga merupakan hunian sederet desainer butik global dan pencakar langit Empire State Building Rockefeller Center dan, tentu saja, Saks Fifth Avenue.

Harga rata-rata per meter persegi lahannya mencapai Rp 325,2 juta. Bill Murray dan Tom Brokaw tercatat menghuni apartemen di sini.

Avenue Montaigne, Paris

Tersambung dengan Champs-Elysees, jalan ini dianggap sebagai salah satu jalan paling top di dunia, terutama untuk kalangan elite bisnis fesyen. Sebut saja Harry Winston, Christian Dior, dan Salvatore Ferragamo. Jalan ini juga merupakan lokasi perumahan paling eksklusif di dunia.

Harga lahan dibanderol Rp 301,9 juta per meter persegi. Sebelum wafat pada 1992, Marlene Dietrichpernah bermukim di sini. Selain Marlene, Kedutaan Besar Kanada juga berada di jalur ini.

Leave a Reply

Name

Mail (will not be published)

Website