Trik Hindari Penolakan Bank Menurunkan Bunga KPR (3)

Dec 05 2011

KOMPAS.com - Negosiasi penurunan bunga KPR bisa Anda lakukan melalui telepon. Anda juga bisa mengirimkan surat resmi ke bank. Intinya, Anda memang harus proaktif.

Kalau nasabah sering menunggak atau sering telat membayar, biasanya agak susah diloloskan.
– Fauziah Arsiyanti

Selain akad kredit dan pengalihan kredit, prosedur permintaan atau negosiasi menjadi hal penting diperhatikan untuk meminta evaluasi tingkat bunga kredit KPR Anda. Ingat, alasan yang Anda ajukan harus masuk akal, misalnya selisih bunga KPR Anda sudah jauh dengan kondisi sekarang, BI ratesudah turun banyak, serta cicilan Anda yang sudah berlangsung lebih dari lima tahun.

Henry Koenaifi, Direktur BCA, mengatakan, nasabah BCA yang ingin bermigrasi ke program kredit lain bisa menghubungi bagian call center. Namun, tak semua pengajuan bisa disetujui.

“Kalau nasabah sering menunggak atau sering telat membayar, biasanya agak susah diloloskan,” timpal Fauziah Arsiyanti atau akrab disapa Zizi, perencana keuangan dari First Principal Financial Pte Ltd Singapura.

Memang, selama ini penurunan bunga sering hanya berlaku bagi debitur baru. Alhasil, debitur lama kerap masih terjebak di bunga lama yang tinggi. Untuk itu, Anda perlu proaktif, agar bunga KPR Anda bisa diturunkan oleh bank.

Zizi menilai, seharusnya debitur memanfaatkan pemangkasan Bank Indonesia (BI) rate untuk mendapat penurunan suku bunga kreditnya.

Risza Bambang, perencana keuangan dari dari Shildt Financial Planner, menambahkan, nasabah bisa mengajukan pemangkasan suku bunga tanpa menunggu sinyal dari bank bersangkutan. Sebab, menikmati penurunan bunga kredit di tengah era suku bunga rendah adalah hak para debitur sebagai konsumen.

Maka, Anda bisa meminta evaluasi tingkat bunga kredit KPR Anda. Apalagi, BI baru saja memangkas suku bunga acuan atau BI rate dari 6,5% menjadi 6%. Ini bisa jadi momentum atau alasan yang pas bagi Anda meminta bank meninjau ulang bunga KPR Anda.

Namun, memang, bank tak serta-merta menurunkan bunga kreditnya begitu BI rate turun. Untuk itu, agar tak mendapat penolakan dari bank, debitur juga harus cermat menimbang sejumlah hal (Baca: Trik Hindari Penolakan Bank Menurunkan Bunga KPR (2).

(Anastasia Lilin Y)

 

Sumber: http://properti.kompas.com/read/xml/2011/11/25/20031439/Trik.Hindari.Penolakan.Bank.Menurunkan.Bunga.KPR..3

Leave a Reply

Name

Mail (will not be published)

Website